Tuesday, February 28, 2017

Cara Jitu Tembus Seleksi PTN

SALAM KELUARGA

BAGAIMANA kabar keluarga di rumah.... Semoga sehat dan selalu diberkahi Tuhan YME. Amin.
Sekarang sudah masuk masanya penerimaan mahasiswa baru. Penerimaan yang penulis bahas kali ini khusus untuk kampus negeri (PTN).

Seperti diketahui, seleksi masuk PTN di Indonesia ada tiga macam. Yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPNT), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan seleksi mandiri. Khusus untuk seleksi mandiri, teknis dan jadwalnya dipasrahkan masing-masing perguruan tinggi.

Berikut jadwal untuk SNMPTN 2017


Pengisian PDSS14 Januari – 10 Februari 2017
Verifikasi PDSS15 Januari – 12 Februari 2017
Pendaftaran SNMPTN21 Februari – 6 Maret 2017
Pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN14 Maret – 14 April 2017
Proses Seleksi15 Maret - 15 April 2017
Pengumuman Hasil Seleksi26 April 2017

Berikut jadwal untuk SBMPTN 2017


Tata Cara Pendaftaran SBMPTN4 April 2017 
Pendaftaran SBMPTN11 April - 5 Mei 2017
Jadwal Ujian SBMPTN Kertas/CBTSelasa, 16 Mei 2017
Jadwal Ujian SBMPTN Praktik17 dan/atau 18 Mei 2017
Pengumuman Hasil Seleksi13 Juni 2017
DARI dua skema seleksi di atas (SNMPTN dan SBMPTN) masing-masing memiliki jurus jitu supaya lolos. Berikut ini sedikit ulasan jurus tersebut:

1. Cara Jitu Tembus SNMPTN

SNMPTN adalah seleksi masuk kampus negeri berbasis rekam jejak prestasi. Diantara porsi paling besar adalah prestasi yang terekam di rapor mulai semester I sampai V. Seleksi model ini, ternyata rentan dipermainkan di sekolahan. Modus paling jamak dilakukan adalah mengatrol nilai siswa.

Sebenarnya untuk bisa tembus SNMPTN tidak perlu mencurangi nilai rapor. Siswa cukup memilih program studi dan kampus yang sesuai kemampuan. Jadi pendaftar harus mengetahui kemampuan dirinya sendiri. Jangan sampai memaksakan masuk kampus dengan tingkat persaingan yang tinggi atau ketat.

Saat ini di masing-masing website kampus negeri, sudah ada yang memasang tingkat persaingan pelamar SNMPTN tahun sebelumnya. Dengan informasi ini, pelamar bisa menilai tingkat persaingan yang tidak terlalu ketat. Sehingga memperbesar potensi lolos SNMPTN.

Cara berikutnya adalah utamakan memilih PTN yang masih satu kota atau satu provinsi. Sehingga memperbesar potensi lulus seleksi. PTN juga membuat indeks berdasarkan rekam  jejak sekolah selama ikut SNMPTN selama ini. Dengan cara ini SMA/sederajat yang siswanya banyak lolos SNMPTN tahun sebelumnya, memiliki potensi besar dilirik oleh PTN.

2. Cara Jitu Tembus SBMPTN

SBMPTN merupakan seleksi masuk PTN menggunakan ujian atau tes tulis. Seleksi ini lebih objektif ketimbang SNMPTN. Sebab seluruh pelamar akan diseleksi berdasarkan nilai ujian yang didapat. Berikut ini yang harus dipersiapkan sebelum bertarung mengerjakan soal ujian SBMPTN.

- Belajar teori-teori dasar, khususnya matematika
- Menyiapkan stamina atau kesehatan. Jangan begadang menjelang ujian
- Menyiapkan perlengkapan tulis sebelum ujian
- Bagi pelamar yang seleksinya di luar kota, usahakan mengetahui lokasi beberapa hari sebelum ujian
- Mengerjakan soal ujian yang mudah dahulu. Karena soal benar nilainya 4 (empat)
- Sementara soal ujian yang jawabannya salah skornya (-) minus 1

INTINYA saat mengerjakan soal ujian SBMPTN jangan terlalu bersemangat untuk menjawab soal ujian yang susah. Lewati saja dulu untuk mencari soal ujian yang lebih gampang.

Sementara terkait pilihan program studi, sama seperti SNMPTN. Upayakan pilih prodi dan kampus yang sesuai dengan kamampuan kita. Anak dengan kemampuan rata-rata, sangat riskan jika memaksakan masuk di Fakultas Kedokteran UI, misalnya.

Terima kasih. Semoga yang membaca blog ini lulus SNMPTN maupun SBMPTN. Amin


No comments:

Post a Comment